Get me outta here!

Kamis, 05 Desember 2013

Fakta Rasa Pedas



Rasa Pedas ?... Emangnya Ada?...
  Tentang rasa pedas, memang banyak orang yang mengatakan bahwa rasa makanan ini/itu PEDAS. Emangnya ada rasa pedas?,  Oke deh langsung aja kita bahas tentang ada nggak sih rasa pedas tersebut.

Pedas itu tidak termasuk rasa.....? menurut para ahli, rasa itu hanya ada 4 macam, yaitu manis, asin, asam, dan pahit... sedang pedas itu hanya sensasi rasa akibat ”iritasi” aja.... yg diakibatkan oleh zat yg disebut CAPSAICIN .... 


Ternyata pedas bukanlah suatu rasa. Pantas kiranya tidak ada distribusi reseptor pedas di lidah kita. Lantas apa sebenarnya pedas itu?
Pedas merupakan suatu sensasi panas dan terbakar yang diterima oleh ujung saraf lidah yang disebut papila.
 
Jadi..sensasi pedas itu disebabkan oleh zat kimia alami yang dihasilkan oleh tanaman cabe-cabean (genus Capsicum) sesuai dengan tanaman yang menghasilkannya, zat kimia ini dinamakan CAPSAICIN...nah..apa sih yang dilakukan capsaicin terhadap kita? 


ketika kita makan cabe..(apapun itu..)..capsaicin yang terdapat di serat putih tempat menempelnya biji..akan berreaksi dengan reseptor pd saraf sensorik yang ada di lidah..reseptor yang cocok dengan zat capsaicin ini ternyata reseptor khusus panas tinggi atau abrasi fisik sel..si saraf sensorik ini nyampein ke otak nya juga sebagai 'panas tinggi' (excessive heat) atau abrasi fisik sel, yang membuat otak meresponsnya sebagai 'burning sensation'...yaitu sensasi dimana sel telah terbakar atau sel mengalami abrasi (iritasi)..padahal sebenernya enggak.


 Capsaicin dapat berikatan dengan papila lidah yang mana saja, tak melulu di bagian ujung, samping, atau pangkal. Jadi gak ada hubungannya kalau kata orang makan cabai di pinggir lidah saja biar gak pedas. Intinya, makin banyak papila yang berikatan dengan capsaicin, makin terasa pula sensasi pedas yang kita dapatkan .




CARA MENGHILANGKAN RASA PEDAS :


1. Susu atau Produk Susu Lainnya
Susu, yogurt dan keju dapat menghilangkan rasa pedas. Hal itu karena kandungan lemak dalam produk susu dapat menetralkan rasa panas di mulut.

2. Gula
Hamburkan gula pada lidah lalu hisap selama 30 detik. Gula akan menyerap rasa pedas di mulut.

3. Nasi
Makan beberapa sendok nasi ketika Anda merasa sangat kepedasan. Butiran nasi dapat menarik rasa pedas di mulut.

4. Jeruk Nipis
Potong jeruk nipis dan hisaplah. Jeruk Nipis dipercaya dapat mendinginkan lidah yang terasa terbakar.

5. Selai Kacang
Makan selai kacang juga dapat membantu menetralkan rasa pedas. Sama seperti produk susu, selai kacang mengandung lemak yang dapat 'mendinginkan' mulut.

6. Jus Buah
Efek dari makan pedas juga bisa membuat kepala terasa pusing. Jika sudah begitu berarti Anda sangat dehidrasi. Untuk mengatasinya segera minum jus buah untuk menetralkan pedas dan meredakan pusing.

0 komentar:

Posting Komentar